NEWS
 

A Tribute to Betawi

 

Juni 2013 - Betawi Culture Highlight


Menyambut Hari Ulang tahun Ibu Kota DKI Jakarta yang ke 486 Tahun, VIVERE menyelenggarakan Launching koleksi terbaru VIVERE Culture pada tanggal 27 Juni 2013, dengan tema “Betawi Cultural Highlight”, berlangsung di Showroom VIVERE JDC, Jakarta.

 VIVERE yang sejak awal kiprah telah mempunyai misi untuk turut melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui koleksi VIVERE Culture, kali ini mengangkat tema budaya Betawi untuk menambah koleksi terbaru bertajuk “Penari Betawi”. Adapun koleksi yang di tampilkan adalah re-produksi lukisan otentik dari seorang pelopor seni lukis betawi, Sarnadi Adam, yang berjudul “Sesudah Pentas”. Lukisan penuh warna dan detail ini menceritakan penari tradisional betawi lengkap dengan kostum dan aksesoris, lukisan tersebut telah melalui proses imajinasi sang pelukis. Penari menjadi tema utama untuk koleksi VIVERE Culture yang dianggap sebagai bentuk seni menarik dengan keindahan tarian, musik, dan kostumnya. VIVERE menawarkan 40 re-produksi lukisan dalam 3 seri dan secara otentik ditanda tangani oleh sang pelukis serta diberi nomor seri. Sebagian karya Sarnadi Adam telah dipamerkan di manca negara serta dikoleksi oleh sejumlah tokoh.

Koleksi Culture selanjutnya adalah Wayang Penari Betawi, lengkap dengan kostum penuh warna dan aksesoris yang menjadi ciri khas keindahan penari Betawi. Handicraft dengan kualitas yang baik di kerjakan secara halus dan rapi menjadikannya layak untuk dimiliki.


Kain batik juga menjadi pilihan koleksi VIVERE Culture. Kain batik ini tampil cantik dengan hanger yang di desain secara ekslusif oleh VIVERE. Batik yang mencerminkan desain daerah pesisir ini, banyak digunakan oleh penari dan wanita betawi, misalnya dengan desain motif pucuk rebung, belah ketupat, flora dan fauna dengan warna yang cukup terang dan komposisi warna yang serasi.

Dalam launching koleksi VIVERE Culture terbarunya ini, VIVERE menampilkan penari betawi dan sejumlah kuliner khas betawi guna menghadirkan suasana kebudayaan Betawi. Tidak kalah menarik dalam event ini juga diadakan workshop melukis penari betawi bagi para undangan yang di pandu langsung oleh Sarnadi Adam.



Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Kepala Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Selatan, Budayawan, Media Cetak dan Elektronik, komunitas pecinta seni dan pemerhati budaya serta customer VIVERE.